Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran lulusan (CPL) adalah suatu ungkapan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar. Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap,keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. CPL dirumuskan merujuk kepada profil lulusan dan visi misi prodi serta memperhatikan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, hasil kesepakatan Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) Indonesia, dan Panduan Pengembangan Kurikulum Program Studi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. CPL terdiri dari Aspek Sikap, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus, dan Pengetahuan.

NoCapaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
1Sikap
S11. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S22. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
S33. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S44. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S55. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S66. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S77. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S88. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S99. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S1010. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S1111. Mengimplementasikan nilai-nilai Aswaja dalam kehidupan sehari-hari
2Ketrampilan Umum
KU11. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU22. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU33. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU44. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU55. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU66. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU77. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU88. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
KU99. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU1010. Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan bertanggung jawab
3Ketrampilan Khusus
KK11. Melaksanakan proses pembelajaran bahasa Inggris dengan dengan mendesain, membuat, dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran dan TIK untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, kreatif dan berpusat pada siswa.
KK22. Memberikan layanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik;
KK33. Melakukan penelitian dan mengkaji data empirisnya secara kritis dan analitis untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Inggris;
KK44. Menulis karya ilmiah atau penelitian sederhana dan mendiseminasikan karya akademik dalam forum ilmiah.
KK55. Membuat proposal kegiatan kewirausahaan dalam bidang bahasa Inggris.
4Pengetahuan
P11. Menguasai bahasa Inggris minimal setara dengan tingkat pos- intermediate untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar, akurat, efektif, dan berterima.
P22. Menguasai konsep linguistik (pengetahuan tentang kebahasaan)
P33. Menguasai pemahaman dasar budaya dan sastra Inggris
P44. Menguasai ilmu pendidikan dan metodologi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris yang meliputi pengelolaan dan pengembangan kurikulum, perencanaaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran,
P55. Menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian dalam kaitannya dengan memulai, merencanakan, mengatur, menerapkan, dan mengevaluasi tindakan.
P66. Menguasai karakteristik peserta didik, baik dalam hal fisik, psikologi, sosial, maupun budaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris secara optimal;
P77. Menguasai teori dasar psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan